Minggu, 04 Desember 2011

Yuk Menabung di Koperasi

Kenapa menabung di Koperasi? Karena koperasi lebih memmperhatikan kebutuhan masyarakat kelas bawah yang kalau menabung di bank, hanya untuk membayar biaya administrasi bank saja, sedangkan di koperasi tidak ada biaya administrasi. Selain itu koperasi mau memberikan bunga yang relatif lebih tinggi dibandingkan tingkat inflasi riel. 

Kenapa harus dibandingkan dengan inflasi riel? Karena penggunaan uang dari keluarga yang hidupnya pas-pasan, hanya untuk membiayai 9 kebutuhan pokok yang kenaikannya setiap tahun selalu jauh di atas tingkat inflasi yang sering diumumkan di bawah double digit.

Lalu kenapa tidak menabung di bank? Ya, karena kalau menabung sebesar Rp.5 juta saja bunganya hanya bisa menutup biaya administrasi bank. Perhitungannya bisa dilihat di http://calvinms.web.id/1670-kerugian-menabung-di-bank.

Kalaupun masyarakat kelas menengah ke bawah misalnya mau menabung atau menempatkan dananya di deposito sebesar Rp.20 juta, paling-paling menerima bunga di bawah Rp.100 ribu per bulannya. Sedangkan untuk jumlah itu, apabila menabung di koperasi, Anda masih bisa menikmati bunga sebesar Rp.200 ribu sampai Rp.300 ribu per bulan. Jumlah ini akan sangat terasa manfaatnya sebagai income yang fixed per bulannya, sehingga bisa menutup anggaran biaya rumah tangga yang harus dikeluarkan seperi listrik atau untuk uang sekolah anak kita.

Dengan perbandingan ini kenapa Anda masih banyak pertimbangan? Mungkin Anda tidak tahu koperasi mana yang baik? Anda dapat menanyakan kepada Admin blog ini, di 0818947133 (call) atau 085287087669 (SMS).

0 komentar:

Poskan Komentar